Pengantar Manajemen Operasi

Hmm.. sebelumnya saya mau ucapkan met ultah buat temen kosan saya rio he..he.. tadinya saya pengen saya posting juga video panasnya waktu lagi disiram sama air comberan & telor he..he.. tapi berhubung ukuran videonya yang mnurut saya lumayan gede, sekitar 7 mb, ditambah dengan koneksi saya yg lemot jadi saya batalkan aja deh.. bisa-bisa 2 hari baru selesai uploadnya he..he..

Hari senen kemaren saya baru aja dapet mata kuliah baru, manajemen operasi.. sebenernya ada sedikit kejadian aneh pas pertama kali saya masuk mata kuliah ini.. saya kan mencari ruang 39 tempat belajar mata kuliah ini (udh satu tahun lebih tetep aja ga hapal letak ruangan-ruangannya he..he..) setelah saya menemukannya, saya sejenak mengintip coz takut salah ruangan.. karena mata saya yang kotok alias minus.. dari kejauhan yang terlihat di mata saya adalah temen-temen sekelas saya lagi pada ngobrol.. maka dari itu dengan santainya saya pun masuk tapi pas saya berada di dalam dan di tengah ruangan...................................................

Ternyata mereka bukan teman-teman sekelas saya.. sambil kebingungan saya melihat sekeliling saya.. terus orang-orang di situ pada ngeliatin juga lagi.. kayanya suasana di sana hening sejenak.. para wanita yang merupakan populasi terbanyak diruangan itu memperhatikan saya, secara orang tampan yang masuk.. he..he.. (narsis abis mode ON wkwkwkwk) tapi apakah saya salah ruangan, klo salah bisa malu banget he..he.. udh stay cool masuk kelas, ternyata malah................................... terus klo diliat dari muka-mukanya kayanya mereka semua anak semester 2 alias junior saya .. urgh.. bisa tambah malu deh..

Akhirnya saya pun memberanikan diri bertanya sama mas-mas yang ada di situ (dan kayanya malah dia junior saya bukan senior yang ngambil mata kuliah semester 4).. "a'.. mata kuliah MO kan???", saya panggil A' coz tampangnya tua sih he..he.. terus dia jawab, "iyah..."

Wew.. leganya hati ini......... ga jadi malu deh he..he.. dan entah kenapa suasana kembali ramai seperti semula................ sekarang sedikit saya ingin membahas mengenai manajemen operasi.. he..he.. (sok tau mode ON)

Tujuan utama dalam perusahaan adalah membuat suatu produk/jasa dengan biaya serendah-rendahnya, menjual dengan harga yang wajar, dan membentuk kebiasaan.. Dari analisa tersebut ada dua fungsi esensial perusahaan, pemasaran dan produksi.. fungsi pemasaran berkaitan dengan sisi permintaan (demand side), misalnya menentukan harga & seleksi pembentukan kebiasaan.. fungsi produksi berkaitan dengan sisi penawaran (supply side), misalnya penciptaan produk dengan biaya seminimal mungkin..

Menurut Sofyan Assauri, manajemen operasi merupakan kegiatan yang mengatur & mengkoordinasikan penggunaan sumber daya manusia, sumber daya alat, bahan, dan dana secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambahkan kegunaan/utility suatu barang/jasa.. sedangkan menurut Hani Handoko, Manajemen Operasi merupakan usaha-usaha pengolahan secara optimal penggunaan sumber daya (dalam hal ini faktor-faktor produksi berupa tenaga kerja, mesin, peralatan, bahan mentah, dsb) dalam proses transformasi bahan mentah & tenaga kerja menjadi berbagai produk dan jasa..

Menurut saya............................. Hmmm.. gimana yah he..he.. Manajemen Operasi ini itu cara mengatur input supaya menjadi output yang memiliki nilai guna (sok tau lagi he..he..) btw bener ga yah he..he.. sekian dulu postingannya.. moga bermanfaat.. thank's..


Category Article , ,

10 Responses to “talk about everything”

  • Dhe says:

    met ultah jg yah.. buat rio teman kosnya dirimu..

    btw.. hikz.. daku tak mengerti tentang manajemen, apalagi manajemen oeprasi2an, daku nitip met ultah aja yah!! setelah itu daku kabur lagi yah.. tha tah ^^

  • wew
    udah masuk kul ya
    sama donk
    aku juga baru masuk
    :)

  • J O N K says:

    cieh, ngambil jurusan apa brother ? emang kemarin ULTAH ?
    wah gak neraktir nih ...

  • nirmana says:

    klo aku sih yang penting manajemen modal dikit bisa untung gede, itu ajah intinya

  • ADVINTRO says:

    oh, gitu yah,oke deh, catet! walaw gak berhubungan dengan ilmuku,yang jelas pasti berpengaruh TRIMS

  • wah dulu dapet berapa ya ?

    jadi inget masa kuliah MO..hehehe

  • hryh77 says:

    @dhe, sip deh, nanti disampein he..he..

    @rusa bawean, iya nih baru minggu ini he..he..

    @jonk, ngambil akuntansi mas.. yg ultah bukan saya mas tapi temen saya he..he..

    @nirmana, wew.. itu sama aja men judi he..he..

    @advintro, sip mas moga bermanfaat he..he..

    @syilpid, oh, iya mas syilpid udh lulus yah..^^

  • hryh77 Aduh sama pisan euy pengalamannya sama.semesternya juga sama.kalo aku sih bener2 salah ruang.isi ruang semester 6 aku tutup pintu.eh nga taunya dosennya ngejar aku.kerah leherku dipegang lalu diangkat wah ,banyak yang ngeliatin.Dosen itu nanya sambil marah,Ya aku jawab aja dan minta maaf bahwa aku salah masuk.sampe sekarang aku masih inget dosennya .Pengalaman tak terlupakan

  • torik says:

    wah materi baru berarti tambh ilmu baru.. oiya slmt ultah buat temennya ya salam dariku

  • hryh77 says:

    @kawanlama95, waduh.. galak amat tuh dosennya.. serem juga nih pengalamannya he..he..

    @torik, sip mas semoga bermanfaat.. btw nanti disampein deh he..he..

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.