Tidur

Hmmm.. Aneh yah judul postingan kali ini (biasanya judul yg laen juga emang aneh kok he..he..) kali ini saya pengen membahas mengenai tidur.. akhir-akhir ini saya sering terserang penyakit yang ecek-ecek tapi menyebalkan.. apalagi kalo bukan flu dan pusing alias sakit kepala.. 

Malahan beberapa hari yang lalu saya kepala saya pusing banget.. dan kayanya yang terakhir kali itu yang paling parah.. padahal saat itu saya lagi BW ke blog kawan-kawan, akhirnya saya hentikan deh BW nya coz bener-bener ga kuat nahan rasa sakitnya, udh kaya mau mati (lebay mode ON he..he..) terus coba tidur dan pas bangun... wew......... rasa pusing saya hilang.. jujur saya kaget banget pas itu coz sakit kepala saya tuh sebelumnya sakit banget rasanya dan kayanya kudu minum obat supaya sembuh tapi ternyata ga.. cukup dengan tidur aja he..he..

Mulai dari situ saya tertarik pengen bisa bikin postingan mengenai tidur.. tapi saya ga ada bahannya.. akhirnya saya googling aja deh he..he.. setelah googling cari bahan, akhirnya dapet juga..

Ternyata kegiatan sederhana ini mempunyai manfaat yang cukup besar dalam hidup kita.. Para peneliti mengatakan tidur sebentar di siang hari bisa mengurangi kemungkinan kematian akibat serangan jantung, terutama di kalangan pria muda.. Para ahli mengatakan tidur siang mungkin membantu orang-orang bersantai sekaligus mengurangi tingkat stres.. 

Tidur juga bisa membuat kita menjadi seseorang yang lebih pintar karena pada saat tidur itulah semua informasi yang kita terima itu diproses oleh otak.. Tidur juga bisa menambah kemampuan penglihatan dan konsentrasi kita.. selain itu tadi juga saya nemuin artikel menarik jadi saya langsung ambil aja deh dari sumbernya he..he..

Tidur tak hanya semata pelepas lelah. Tidur adalah proses alamiah manusia untuk memberikaY kesempatan pada sel saraf (neuron) tubuh kita untuk beristirahat dan memperbaiki kondisinya. Selain itu, inilah yang terjadi pada tubuh kita selama kita tidur:
1. Tubuh memproduksi hormon pertumbuhan pada anak-anak dan orang dewasa muda
2. Produksi protein meningkat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan memperbaiki kerusakan sel
3. Aktivitas otak pada bagian pengontrolan emosi, pengambilan keputusan, dan hubungan sosial akan beristirahat total
4. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa terjadi Sebuah pola signal yang terjadi berulang-ulang, yang mirip pada saat terjaga. Pola signal tersebut dapat membantu melakukan enkode pada sistem ingatan dan meningkatkan kemampuan belajar.

Semua manfaat tidur itu bisa diperoleh kalau tidur kita berkualitas. Artinya, tidur yang dalam alias nyenyak dan cukup porsinya dalam sehari. Inilah yang menjelaskan mengapa manusia disarankan untuk cukup tidur-menurut jam biologisnya, rata-rata 8 jam sehari. Kalau itu tidak tercukupi dan berlangsung terus menerus, maka keempat manfaat tadi tidak akan didapat, dan dapati dipastikan, kualitas hidup Anda bakal menurun.

Bentuk nyatanya, Anda lebih berisiko menderita hipertensi, lebih mudah marah dan stres, konsentrasi berkurang, dan lain sebagainya.

Agar tidur berkualitas
Karena itu, cobalah untuk tidur secara berkualitas. Caranya:

  • Pilih ruang tidur yang tenang, nyaman dengan ventilasi yang memadai
  • Tidurlah hingga Anda merasakan segar, namun jangan berlebihan
  • Untuk menyesuaikan siklus tidur Anda, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama pula setiap pagi harinya
  • Berolahragalah setiap hari, namun jangan terlalu dekat dengan waktu tidur. Anda boleh tidur setidaknya 6 jam setelah berolahraga
  • Hindari makan terlampau banyak sebelum tidur. Jika lapar membuat Anda tidak bisa tidur, konsumsilah makanan ringan
  • Jangan mengonsumsi kafein dan alkohol pada sore hari, karena akan membuat Anda sulit tidur di malam hari
  • Hentikan merokok, karena nikotin akan menghambat kenyamanan tidur Anda
  • Jangan bekerja, menonton televisi, atau membaca di atas tempat tidur. Hal itu akan membuat tubuh Anda sulit untuk tidur akibat pikiran Anda tidak beristirahat
  • Jangan berbaring di tempat tidur lebih dari 30 menit jika Anda tidak bisa tidur. Jika Anda sulit tidur, sebaiknya bangun sejenak, lakukan aktivitas ringan hingga Anda mengantuk, dan selanjutnya coba kembali memulai tidur Anda.
Kurang tidurkah Anda?
Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda mengalami kekurangan tidur atau tidak. Cobalah untuk duduk-duduk santai di udara terbuka pada siang hari dan cukup cahaya matahari. Jika beberapa saat kemudian Anda merasa lelah, mengantuk, dan tertidur dengan mudah, tandanya Anda mengalami kurang tidur.

Selain hal tersebut, ada beberapa tanda lain orang yang mengalami kurang tidur. Misalnya, sulit menahan kantuk saat beraktivitas ringan, merasa lelah saat terjaga, sulit mengingat dan berkonsentrasi, mengantuk setelah makan, dan tidur lebih panjang di akhir pekan.

Untuk mengatasi kekurangan tidur Anda, cobalah menambah waktu tidur harian Anda sekitar 15 hingga 30 menit setiap malam. Setelah 2-3 minggu, perhatikan, adakah perubahan dalam kualitas kerja, aktivitas, dan mood. Jika memang berubah baik, tambahkan lagi hingga Anda mencapai waktu tidur ideal, yaitu sekitar 8 jam sehari.

Sekali lagi artikel di atas sumbernya DI SINI, sumber-sumber yang laen DI SINI dan DI SINI he..he.. kalo diliat dari manfaat-manfaat di atas.. kayanya saya juga harus mulai mengatur waktu tidur saya nih he..he.. coz jadwal tidur saya termasuk berantakan.. bahkan tidur siang pun saya hampir ga pernah he..he.. dan semoga artikelnya bermanfaat.. thank's..


Category Article

12 Responses to “talk about everything”

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.